Desain web yang responsif (RWD) adalah penyiapan saat server selalu mengirim kode HTML yang sama ke semua perangkat dan CSS digunakan untuk mengubah perenderan laman pada perangkat.

Algoritme Google seharusnya dapat mendeteksi penyiapan ini secara otomatis jika semua agen pengguna Googlebot diizinkan untuk merayapi laman dan asetnya (CSS, javascript, dan gambar).

Mengapa desain responsif dianjurkan

Kami menyarankan penggunaan desain web yang responsif karena:

  • Mempermudah pengguna Anda berbagi dan menautkan ke konten Anda dengan satu URL.
  • Membantu algoritme Google menetapkan properti pengindeksan ke laman dengan akurat daripada harus memberi sinyal keberadaan laman desktop/seluler yang dimaksud.
  • Memerlukan waktu penyesuaian yang lebih singkat untuk memelihara beberapa laman bagi konten yang sama.
  • Mengurangi kemungkinan kesalahan umum yang memengaruhi situs seluler.
  • Pengguna tidak memerlukan pengalihan untuk memunculkan tampilan yang dioptimalkan bagi perangkat, sehingga mengurangi waktu pemuatan. Selain itu, pengalihan berbasis agen pengguna rentan kesalahan dan dapat merusak pengalaman pengguna situs Anda.
  • Menyimpan sumber daya saat Googlebot merayapi situs Anda. Untuk laman desain web yang responsif, satu agen pengguna Googlebot hanya perlu merayapi laman Anda satu kali, bukan merayapi beberapa kali dengan agen pengguna Googlebot yang berbeda untuk mengambil semua versi konten. Penyempurnaan dalam efisiensi perayapan ini secara tidak langsung dapat membantu Google mengindeks lebih banyak konten situs dan menjaganya tetap segar sebagaimana mestinya.

 

 

Sumber:

https://developers.google.com/webmasters/mobile-sites/mobile-seo/configurations/responsive-design?hl=id